KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Manado Sederhana | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Manado Sederhana

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Bubur Manado Sederhana - Bubur Manado atau dalam bahasa setempat dikenal dengan istilah tinutuan ialah salah satu jenis bubur yang mempunyai cita rasa unik. Keunikan rasanya berasal dari aneka materi yang ditambahkan kedalamnya menyerupai aneka umbi dan aneka sayuran. Keragaman materi ini membuatnya kaya akan gizi dan tentunya baik bila dikonsumsi oleh bawah umur sekalipun. Kalian ingin tau bagaimana rasanya atau sudah sering meikmati tetapi tidak tahu cara membuatnya? Yuk! simak selengkapnya disini.
 Bubur Manado atau dalam bahasa setempat dikenal dengan istilah tinutuan ialah salah satu Resep dan Cara Membuat Bubur Manado Sederhana
Resep Bubur Manado Sederhana
Seperti halnya proses pembuatan bubur pada umumnya, cara menciptakan bubur Manado sederhana juga cukup mudah. Namun memang dalam prosesnya, pembuatan bubur memerlukan waktu yang cukup usang semoga bahan-bahannya sanggup lunak. Untuk itu, proses pembuatannya juga sedikit memerlukan kesabaran. Namun semua akan terbayarkan dengan rasa bubur yang enak dan menggugah selera.

Karena bubur manado memakai aneka jenis materi mulai dari umbi-umbian dan juga sayuran, maka pembuatannya dilakukan secara bertahap. Beras dimasak terlebih dahulu hingga lunak, gres sesudah itu kita memasukkan umbi menyerupai singkong, ubi jalar dan jagung hingga matang dan lunak.

Bahan-bahan yang berupa sayuran kita masukkan belakangan. Karena bila dimasukkan bersamaan sejak awal maka sayuran sanggup terlalu lunak dan hancur sementara materi lain yang lebih usang matang menjadi kurang lunak. Jika menyerupai itu, maka bubur menjadi kurang manis dan teksturnya tidak merata.

Khusus untuk daun kemangi, materi ini kita masukkan paling terakhir. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan teksturnya alasannya ialah daun kemangi gampang layu. Tujuan lainnya ialah untuk mempertahankan aroma daun kemangi sehingga lebih besar lengan berkuasa dan lebih wangi.

Resep Bubur Manado Sederhana

Salah satu yang menjadi ciri khas bubur Manado ialah penggunaan sayuran yang berjulukan daun gedi. Daun gedi merupakan sayuran khas Manado yang dalam budpekerti setempat merupakan sayuran yang biasa dimakan sebagai lalapan. Daun gedi berfungsi menambah rasa gurih dan mengentalkan bubur Manado. Namun bila sayuran ini suli didapat, maka kalian sanggup menciptakan bubur tanpa daun gedi yang pastinya tetap enak walau memang kurang lengkap.

Bahan lainnya yang dipakai untuk menciptakan bubur Manado ialah aneka umbi menyerupai singkong dan ubi jalar kuning. Bubur manado juga biasa memakai lau kuning dan jagung manis sebagai materi pelengkapnya. Kalian sanggup memakai bahan-bahan tersebut bersamaan atau salah satunya sesuai dengan selera. Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Bubur Manado Sederhana

  1. 1 gelas beras, basuh hingga bersih
  2. 2 btg jagung manis, sisir memakai pisau
  3. 1 btg singkong muda, potong dadu
  4. 200 gr labu kuning kupas, potong dadu
  5. 2 btg daun bawang, potong pendek
  6. 4 lbr daun gedi
  7. 2 ikat daun kemangi, ambil pucuknya saja
  8. 1 ikat daun kangkung ambil pucuknya saja
  9. 1 ikat daun bayam, ambil pucuknya saja
  10. 2 btg serai, memarkan
  11. 2 sdt garam
  12. 1 sdt kaldu bubuk
  13. 1/2 sdt lada bubuk
  14. air secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. ikan asin goreng (ikan teri asin atau ikan asin lainnya)
  2. sambal terasi

Cara Membuat Bubur Manado Sederhana

  1. Masak beras bersama serai dengan 4 gelas air. Masak sambil diaduk-aduk hingga beras lunak dan airnya berkurang.
  2. Tambahkan lagi air sebanyak 3 hingga 4 gelas. Masukkan juga singkong, labu kuning dan jagung manis. Masak hingga singkong dan jagung matang dan lunak. Jika hingga langkah ini airnya menyusut, tambahkan lagi secukupnya.
  3. Masukkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata.
  4. Masukkan sayuran menyerupai daun kangkung, daun bayam dan daun gedi. Masak hingga sayuran matang dan bubur mengental.
  5. Terakhir masukkan daun kemangi dan aduk rata. Angkat.
  6. Sajikan bubur manado selagi panas berama dengan sambal terasi dan ikan asin goreng.
Selain daun gedi, dalam versi aslinya resep bubur Manado sederhana biasa mengunakan daun kunyit sebagai materi pelengkapnya. Penggunaan daun kunyit biasanya tidak banyak, cukup 1 lembar saja kemudian dirajang halus. Disini kita tidak menggunakannya, namun bila kalian suka kalian sanggup menambahkannya dan dimasukkan bersama dengan sayuran lainnya.

Secara umum, cara menciptakan bubur Manado sederhana memang cukup gampang hanya saja prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu, menciptakan bubur ini biasanya dilakukan dikala waktu luang atau dikhususkan dengan materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kalian tertarik mencoba membuatnya di rumah? Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2