KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Semur Jengkol Khas Sunda Spesial | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Semur Jengkol Khas Sunda Spesial - Semur jengkol merupakan salah satu masakan orisinil nusantara yang mempunyai cita rasa yang khas dan kuat. Banyak orang yang menghindari jengkol alasannya ialah baunya yang sangat menyengat, namun juga banyak orang yang menggemariya justru alasannya ialah baunya tersebut. Nampaknya masakan yang berbahan dasar jengkol merupakan makanan bagi orang-orang yang berselera tertentu.

Pada resep kita kali ini, kita akan mengedepankan cara menciptakan semur jengkol khas sunda Istimewa dengan kuah santan. Seperti masakan-masakan berbahan dasar jengkol yang lainnya, semur jengkol khas sunda juga mempunyai rasa dan aroma yang kuat. Untuk itu, kita perlu meminimalisir busuk jengkol tersebut supaya tidak menyisakan busuk yang terlalu tajam di mulut.
 Semur jengkol merupakan salah satu masakan orisinil nusantara yang mempunyai cita rasa yang kh Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Khas Sunda Spesial
Resep Semur Jengkol Khas Sunda Spesial
Bagi masyarakat pedesaan, biasanya untuk meminimalisir busuk yang sangat berpengaruh dari jengkol yaitu dengan cara dipendam dalam tanah. Dengan cara dipendam, jengkol akan berkecambah dan dengan begitu kandungan pati didalamnya menjadi berkurang sehingga baunya juga berkurang. Masyarakat sunda menyebutnya dengan sebutan 'sepi' untuk jengkol yang sudah berkecambah.

Selain dipendam, untuk mengurangi busuk dapat juga dengan cara meredam jengkol selama 1-2 malam hingga berkecambah. Cara ini tolong-menolong hampir sama dengan cara memendamnya hanya saja tidak melibatkan tanah. Kelebihan cara ini ialah simpel namun timbul busuk lain ibarat aroma rendaman kayu.

Disamping cara-cara diatas, untuk mengurangi busuk jengkol biasanya juga dilakukan ketika jengkol dimasak. Biasanya, jengkol direbus bersama dengan abu, kopi, teh, kapur sirih dan masih banyak lagi bahan-bahan lainnya yang dapat mengurangi busuk jengkol yang kuat. Agar lebih praktis, kita dapat memakai teh atau kopi yan biasanya sudah tersedia di dapur.

Resep Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

Pada dasarnya, baik semur jengkol maupun semur lainnya identik dengan cita rasa yang berpengaruh serta mayoritas bagus dan gurih. Untuk itu, disini kita memakai gula jawa yang cukup banyak yaitu sekitar 200 gram atau 2 buah dengan ukuran sedang. Agar lebih lezat, gula kita biarkan membentuk karamel ketika dimasukkan kedalam tumisan bumbu. Baru sesudah itu jengkol dimasukkan dan diberi santan dan air.

Disini kita memakai teh celup untuk mengurangi aroma jengkol yang kuat. Kalian juga dapat memakai materi lainnya ibarat kopi dan daun jeruk. Dan biasanya, di setiap kawasan mempunyai cara tersendiri dalam mengolah jengkol, tinggal diadaptasi saja ya. Berikut bahan-bahan lengkapnya beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Semur Jengkol Khas Sunda

  1. 500 gr jengkol
  2. 100 gr gula jawa, sisir halus
  3. 100 ml santan kental
  4. 2 btg serai, memarkan
  5. 4 lbr daun salam
  6. 6 lbr daun jeruk
  7. 4 cm lengkuas, memarkan
  8. 4 sdm gula pasir
  9. 5 sdm kecap manis
  10. 2 sdm minyak wijen
  11. 2 sdt garam
  12. 1 sdt kaldu bubuk
  13. 1/2 sdt lada bubuk
  14. air secukupnya
  15. minyak untuk menumis
  16. 2 bh teh celup untuk penghilang bau

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 bh cabai merah, buang biji
  4. 5 btr kemiri
  5. 1 sdt ketumbar

Cara Membuat Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

  1. Rebus jengkol hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Geprek/memarkan jengkol hingga pipih dan empuk, kemudian rebus lagi bersama dengan teh celup selama kurang lebih 30 menit. Proses ini bertujuan untuk mengurangi busuk khas jengkol yang sangat berpengaruh terutama kalau jengkolnya masih segar. Jika sudah, angkat kemudian tiriskan lagi. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, sesudah itu masukkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis sebentar.
  4. Masukkan gula jawa yang telah disisir halus, gula pasir, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, kecap bagus dan minyak wijen. Aduk rata dan biarkan beberapa ketika hingga gula dan kecap membentuk karamel.
  5. Masukkan jengkol, aduk rata. Masukkan santan kental dan air secukupnya.
  6. Masak hingga mendidih dan bumbu-bumbu meresap kedalam jengkol. Cicipi juga rasanya, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan sesuai dengan selera. Masak hingga air menyusut dan kuah mengental, angkat.
  7. Semur jengkol Istimewa khas sunda siap disajikan.
Resep semur jengkol khas sunda Istimewa ini memakai santan untuk menambah cita rasa gurih dan menciptakan kuah menjadi kental. Bagi kalian yang tidak suka santan, kalian dapat mengesampingkan materi yang satu ini dan cukup dengan memakai air saja.

Bagaimana, kalian tertarik mencoba menciptakan semur jengkol? Cara menciptakan semur jengkol khas sunda sebetulnya tidak terlalu ribet, namun bila ingin lebih simpel lagi maka kalian dapat membeli jengkol rebus yang sudah jadi. Biasanya, jengkol sudah sudah siap masak dan sudah dimemarkan dengan busuk yang tidak terlalu kuat. Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2