KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Bubur Candil Ubi Ungu - Bubur candil atau yang juga dikenal dengan sebutan kolak biji salak yaitu salah satu camilan yang cukup terkenal terutama di bulan puasa. Namun tidak hanya di bulan puasa, bubur candil biasanya dijajakkan sebagai jajanan di pagi hari atau sore hari menjelang malam.

Rasa bubur candil memang enak dengan dominasi rasa manis berpadu dengan gurihnya saus santan. Sementara candilnya itu sendiri mempunyai tekstur yang kenyal dan berasa gurih. Dan alasannya yaitu materi utamanya mengandung banyak pati, maka bubur candil termasuk masakan yang mengenyangkan dengan kalori yang tinggi.
 Bubur candil atau yang juga dikenal dengan sebutan kolak biji salak yaitu salah satu kud Resep dan Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana
ilustrasi : hesti-myworkofart.blogspot.co.id
Nah, untuk resep kita kali ini, kita akan mencoba menciptakan bubur candil dengan materi dasar ubi ungu. Cara menciptakan bubur candil ubi ungu sederhana intinya cukup gampang dan juga cukup praktis. Sehingga bisa kita lakukan sembari mengisi waktu luang atau sekedar iseng berolah di dapur.

Ubi ungu mempunyai rasa yang enak dengan tekstur yang empuk. Selain itu, ubi ungu mempunyai warna ungu yang cerah sehingga penganan yang berbahan dasar ubi ungu mempunyai warna yang cantik.

Sementara dalam proses pembuatannya, kita akan membentuk ubi ungu menjadi bulatan-bulatan meyerupai bakso. Untuk itu, kita memerlukan tepung tapioka atau tepung sagu untuk mengikat materi ubi sehingga tidak hancur ketika terkena air/kuah.

Setelah candil dibentuk, barulah kita rebus sampai matang didalam kuah gulanya. Kematangan candil ditandai dengan candil yang mengapung ke permukaan sehabis sebelumnya karam di dasar panci. Setelah semua candil mengapung, itu tandanya candi sudah matang.

Resep Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana

Didalam resep kita kali ini, kita memakai ubi ungu sebanyak setengah kilogram. Untuk itu tepung tapioka yang akan kita tambahkan kurang lebih setengah dari jumlah ubi. Jumlah tersebut bisa dikurangi atau ditambahkan sedikit diadaptasi dengan selera. Jika terlalu sedikit, maka candil akan hancur ketika direbus nantinya, sementara kalau terlalu banyak maka candil biasanya akan sedikit alot.

Untuk materi kuah bisa diadaptasi dengan selera masing-masing. Disini kita memakai 1,5 liter air, kalau kalian suka kuah yang banyak maka tinggal ditambah lagi jumlah air dan jumlah gulanya. Terakhir, tambahkan larutan tepung sagu supaya kuah menjadi lebih kental.

Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan beserta step by step cara membuatnya.

Bahan Resep Bubur Candil Ubi Ungu

  1. 500 gr ubi ungu
  2. 200 gr tepung sagu/tapioka
  3. 1/2 sdt garam

Bahan Kuah

  1. 250 gr gula jawa, sisir halus
  2. 1/2 sdt vanili bubuk
  3. 2 lbr daun pandan, potong pendek
  4. 2 sdm tepung sagu dicampur dengan 1/2 gelas air
  5. 1500 ml air

Bahan Saus Santan

  1. 250 ml santan kental
  2. 1/2 sdt garam
  3. 2 lbr daun pandan, potong pendek

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu

  1. Kukus ubi ungu sampai matang dan lunak, angkat. Haluskan ubi ungu kukus selagi panas supaya lebih gampang hancur.
  2. Setelah ubi halus, masukkan tepung sagu beserta garam. Aduk rata memakai tangan sampai gabungan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Pulunglah gabungan candil membentuk bulatan-bulatan sebesar kelereng. Dalam membentuk adonan, sebaiknya tidak terlalu besar supaya candil lebih cepat matang. Sisihkan sejenak.
  4. Didihkan air bersama dengan gula jawa dan daun pandan. Masak sampai gula jawa larut seluruhnya.
  5. Masukkan candil kedalam air gula yang mendidih. Jika candil sudah mulai mengapung ke permukaan, berarti tandanya candil sudah mulai matang.
  6. Untuk menciptakan kuah menjadi kental, tuangkan larutan tepung tapioka kedalam kuah yang mendidih dan masak sampai kuah mengental dan meletup-letup. Matikan api dan angkat bubur candil.
  7. Sekarang tinggal menciptakan saus santan. Didihkan santan bersama dengan garam dan daun pandan sambil terus diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat.
  8. Sajikan bubur candil dengan siraman saus santan. Bubur candil bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin.
Sedikit tips untuk cara menciptakan bubur candil ubi ungu supaya akibatnya maksimal dan mempunyai penampilan yang cantik. Dalam merebus candil, sebaiknya tidak dilakukan secara serentak atau bersamaan.

Paling tidak, kita memasukannya bertahap supaya candil tidak saling menumpuk dan melekat satu sama lain. Jika dimasukkan sedikit demi sedikit, permukaan candil yang lebih dulu dimasukkan nantinya cukup padat sehingga ketika ditimpa dengan candil yang gres diatasnya tidak saling menempel.

Cukup gampang bukan? Resep bubur candil ubi ungu sederhana memang cukup simpel tetapi akibatnya jangan ditanya. Jajanan yang satu ini selalu ludes diserbu pembeli terutama di bulan berkat sebagai sajian berbuka. Di hari-hari biasa, bubur candil juga biasa dijadikan sajian sarapan pagi atau sebagai jajanan di sore hari yang bisa mengganjal perut. Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2