KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Tahu Gejrot Sederhana - Tahu gejrot merupakan makanan khas yang berasal dari tempat Cirebon, Jawa Barat. Jajanan yang satu ini mempunyai cita rasa yang khas sekaligus unik alasannya yaitu mempunyai perpaduan rasa yang besar lengan berkuasa antara asam, anggun dan pedas. Gurihnya tahu berpadu dengan pedasnya kuah menciptakan kantuk hilang seketika, maka tak heran jikalau tahu gejrot digemari oleh penikmat makanan pedas.
 Tahu gejrot merupakan makanan khas yang berasal dari tempat Cirebon Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon
Resep Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon
Nah, kali ini kita akan mencoba menciptakan tahu gejrot sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana namun rasanya tak kalah enak. Cara menciptakan tahu gejrot sederhana khas Cirebon sangatlah mudah, alasannya yaitu pada proses penyajiannya cukup dengan ulek-mengulek tanpa harus melalui proses masak memasak.

Yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu yaitu kuahnya, yaitu dengan cara merebus semua materi kuah sampai mendidih. Setelah itu, tahu gejrot dapat disajikan kapan saja tanpa perlu memasaknya lagi. Dan dengan begitu, bagi kalian yang gemar menikmati tahu gejrot dapat membuatnya kapan saja alasannya yaitu kuah tahu gejrot dapat bertahan cukup lama.

Dalam proses penyajiannya, tahu gejrot biasanya memakai bumbu-bumbu mentah ibarat bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Bumbu-bumbu ini tinggal kita ulek secara asal-asalan saja, tidak usah diulek sampai halus atau diulek berangasan saja. Setelah itu, tinggal masukkan tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong dan siram dengan kuahnya. Makara deh.

Bagi kalian yang ingin tau dan ingin mencoba menciptakan sendiri tahu gejrot sederhana di rumah, yuk kita simak resepnya berikut ini. Gampang ko, namun kesudahannya selezat tahu gejrot abang-abang.

Resep Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

Tahu yang biasa dipakai sebagai materi baku tahu gejrot yaitu jenis tahu kopong. Salah satu jenis tahu kopong yang terkenal yaitu tahu Sumedang. Tahu ini mempunyai tekstur yang ringan alasannya yaitu hampir tidak mempunyai isi didalamnya sehingga rasanya lebih gurih dan bumbu tahu gejrot dapat meresap sampai kedalamnya.

Kita dapat saja memakai tahu kulit biasa, namun biasanya tahu kulit biasa terlalu banyak mengandung air sehingga rasanya kurang maksimal. Selain itu, tahu kulit biasa cukup padat sehingga bumbu tahu gejrot tidak dapat meresap sampai kedalam tahu. Namun sebagai alternatif jikalau tidak ada tahu kopong, maka tahu kulit biasa dapat kita gunakan dengan cara menggorengnya lagi sampai cukup garing.

Bahan Resep Tahu Gejrot Sederhana

  1. 10 bh tahu sumedang
  2. 5 bh cabai rawit
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih

Bahan Kuah

  1. 1 keping gula jawa, sisir halus
  2. 2 sdm kecap manis
  3. 1 sdm asam jawa
  4. 2 gelas air

Bumbu Halus untuk Kuah

  1. 2 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabai merah keriting
  4. 1 sdt garam

Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

  1. Langkah pertama, kita persiapkan kuahnya terlebih dahulu. Satukan semua materi kuah ibarat gula jawa, kecap manis, asam jawa dan air beserta bumbu yang dihaluskan.
  2. Didihkan diatas api sedang sampai gula dan asam jawa larut. Angkat kemudian saring. Sisihkan dulu.
  3. Ulek cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Tidak usah terlalu halus, cukup diulek berangasan saja.
  4. Ambil tahu sumedang, potong-potong sesuai selera. Masukkan kedalam bumbu yang diulek berangasan tadi kemudian sedikit ditekan-tekan memakai ulekan supaya menyatu dengan bumbu. Tekan pelan-pelan saja biar tahu tidak hancur.
  5. Siram tahu dan bumbu yang diulek berangasan dengan kuah yang tadi kita buat.
  6. Tahu gejrot siap dinikmati.
Bagaimana, cukup gampang bukan? Cara menciptakan tahu gejrot sederhana memang cukup mudah apalagi jikalau kita sudah mempunyai kuahnya. Kuah tahu gejrot dapat bertahan cukup usang apalagi jikalau disimpan dalam lemari es, selanjutnya tinggal dihangatkan saja jikalau kita ingin menggunakannya.

Kalian tertarik mencoba resep tahu gejrot sederhana ini di rumah? Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2