KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Tahu Isi Bihun Sayuran - Siapa yang tidak kenal dengan tahu isi, rasanya jajanan yang satu ini cukup terkenal sampai banyak bermunculan variannya dengan banyak sekali isian yang berbeda. Dan pada resep kali ini, kita akan mencoba menciptakan tahu isi dengan isian berupa bihun.

Agar lebih enak dan kaya rasa, kita akan menambahkan sayuran berupa wortel dan kentang. Kalian dapat menambahkan sayuran jenis lainnya sesuai selera jikalau suka, namun jikalau tidak ada maka bihun saja sudah cukup dan rasanya tidak kalah enak.
 rasanya jajanan yang satu ini cukup terkenal sampai banyak bermunculan variannya dengan be Resep dan Cara Membuat Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana
Resep Tahu Isi Bihun Sayuran
Cara menciptakan tahu isi bihun sayuran tidaklah susah dan intinya tidak berbeda dengan tahu isi biasa pada umumnya. Sederhananya, tahu isi bihun yaitu variasi tahu isi biasa dengan mengganti isian yang biasanya berupa sayuran dengan isian berupa bihun.

Langkah pertama untuk proses pembuatan tahu isi yaitu menciptakan isiannya terlabih dahulu. Bihun kita tumis bersama dengan materi sayuran yaitu wortel dan kentang. Dengan ditumis terlebih dahulu, isian akan lebih berasa dan lebih gurih sehingga rasanya lebih mantap.

Setelah mempersiapkan isian, barulah kita menciptakan campuran untuk kulitnya/balutannya. Tepung terigu kita beri bumbu-bumbu menyerupai garam dan kaldu bubuk. Selain itu, kita tambahkan serpihan daun bawang semoga nantinya kulit tahu isi lebih bau dan menggugah selera.

Dalam menciptakan adonan, perhatikan pula tekstur adonannya. Tekstur campuran yang cukup kental akan menghasilkan kulit tahu isi yang empuk dan cukup tebal. Sementara campuran yang encer akan menghasilkan kulit tahu isi yang tipis dan renyah. Kalian tinggal sesuaikan saja dengan selera.

Resep Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

Sebagai materi utamanya, tahu isi dapat memakai tahu kulit biasa atau juga tahu kopong. Agar dapat muat isian lebih banyak, sebaiknya kita memakai tahu kulit kopong alasannya yaitu tidak mempunyai isi didalamnya. Sementara jikalau memakai tahu kulit biasa, kita dapat mengeruk sedikit isianya sehingga isian dapat muat lebih banyak.

Dan untuk isiannya sendiri, kita dapat memakai bihun jagung atau dapat juga bihun biasa. Untuk porsi kita kali ini, satu bungkus kecil bihun jagung akan cukup untuk menciptakan 10 buah tahu isi. Berikut yaitu bahan-bahan lengkapnya.

Bahan Resep Tahu Isi Bihun Sayuran

  1. 10 bh tahu kulit atau tahu kopong
  2. 100 gr tepung terigu serbaguna
  3. 1 btg daun bawang, rajang pendek
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. air secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 1 bks bihun
  2. 1 btg wortel, potong dadu kecil-kecil
  3. 1 bh kentang, potong dadu kecil-kecil
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt gula pasir
  7. 1 sdm saus tiram
  8. sedikit air
  9. minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk Isian

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 bh cabai rawit

Cara Membuat Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

  1. Langkah pertama, kita akan mempersiapkan isian terlebih dahulu. Seduh bihun dengan air panas sampai lumer. Setelah itu, tiriskan dan potong-potong kasar. Sisihkan dulu sementara.
  2. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Masukkan wortel dan kentang kemudian tumis sebentar.
  3. Masukkan sedikit air, jangan terlalu banyak, kurang lebih 2-3 sendok makan saja. Masukkan garam, kaldu bubuk, gula pasir dan saus tiram. Aduk rata.
  4. Masukkan bihun, aduk-aduk sampai bihun dan bumbu tercampur merata. Angkat kemudian biarkan beberapa ketika sampai cukup dingin.
  5. Sementara menunggu isian agak dingin, kita dapat mempersiapkan tahunya. Buatlah lubang di pinggiran tahu untuk memasukkan isian. Jika memakai tahu kulit biasa, keruk sedikit isinya semoga isian dapat muat kedalamnya.
  6. Ambil isian secukupnya, kemudian masukkan kedalam lubang yang kita biat pada tahu. Lakukan sampai semua tahu terisi isian. Sisihkan dulu sementara.
  7. Sekarang tinggal menciptakan campuran untuk kulit/balutan tahu isi. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, daun bawang, garam, kaldu abu dan air secukupnya.
  8. Aduk rata sampai membentuk campuran kemudian sesuaikan teksturnya. Jika terlalu kental, maka tambahkan lagi air secukupnya.
  9. Panaskan minyak goreng yang agak banyak diatas api sedang sampai benar-benar panas.
  10. Ambil tahu yang sudah diberi isian, celupkan kedalam campuran kulit sesudah itu goreng sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat.
  11. Sajikan tahu isi bihun sayuran selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabai rawit.
Cukup simpel bukan? Resep tahu isi bihun sayuran kita kali ini mempunyai cita rasa yang sedikit pedas. Jika kalian suka cita rasa yang ekstra pedas, kalian dapat menambahkan cabai rawit lebih banyak pada isian. Atau jikalau tidak suka pedas, maka tinggal di skip saja cabai rawitnya. Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2