KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Es Cendol Bandung Sederhana | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Es Cendol Bandung Sederhana

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Es Cendol Bandung - Kalian tentunya sudah tahu ibarat apa yang namanya cendol. Biasanya, cendol lazim dibentuk dengan warna hijau dan beraroma pandan. Gaya tersebut tampaknya gaya khas cendol sampai menjadi istilah di forum-forum dalam negeri.

Es cendol dan es dawet ialah minuman yang serupa secara penampilan. Namun keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, yaitu dari materi dasar pembuatnya. Cendol (Bandung) dibentuk dari tepung hunkwee sedangkan dawet (Jepara) dibentuk dari materi dasar utama tepung beras.
 Kalian tentunya sudah tahu ibarat apa yang namanya cendol Resep dan Cara Membuat Es Cendol Bandung Sederhana
Es Cendol Bandung / sajiansedap.com
>> Resep dan Cara Membuat Es Teler Spesial
Pada resep kita kali ini, kita akan menciptakan es cendol khas Bandung yang mana memakai tepung hunkwee sebagai materi utamanya. Cara menciptakan es cendol bandung sebetulnya relatif gampang dan murah, namun rasanya yummy dan tentunya sehat.

Es cendol dibentuk dengan cara mendidihkan adonan cendol. Jika diperhatikan, prosesnya tidak jauh berbeda dengan menciptakan bubur sumsum atau menciptakan selendang mayang. Cuma berbeda beberapa materi saja, namun pada prosesnya kurang lebih sama.

Setelah adonan menggumpal dan matang, adonan cendol kemudian harus dicetak selagi panas. Jika sudah dingin, adonan akan sulit dicetak dan hasilnya tidak bagus. Kaprikornus usahakan, secepat mungkin adonan harus dicetak semuanya sebelum menjadi dingin.

Cendol yang sudah dicetak kemudian direndam dalam air es. Prosesnya dilakukan secara kontinyu ketika cendol keluar dari cetakan maka eksklusif menuju kedalam air es. Tujuannya, semoga cendol tidak menyatu satu sama lain, juga cendol lebih cepat menggumpal / memadat.

Sampai disini, cendol sudah siap. Tinggal disajikan dengan bahan-bahan pelengkapnya ibarat sirup gula dan santan. Cocok dinikmati siang maupun sore hari.

Resep Es Cendol Bandung Spesial

Pada dasarnya, cendol dibentuk dari tepung hunkwee. Disini kita memakai adonan tepung beras dan tepung sagu. Tujuannya, semoga cendol lebih bertekstur dan lebih kenyal. Sehingga mempunyai cita rasa dan tekstur yang pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kenyal.

Sedangkan untuk materi santan, dapat memakai santan kemasan semoga lebih praktis. Santan kemasan mempunyai kekentalan yang lebih tinggi dibanding santan kelapa segar. Kaprikornus gunakan sesuai asumsi saja dan tambahkan air matang ketika dididihkan untuk mengatur kekentalannya.

Daftar dibawah ini ialah bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep es cendol Bandung kita kali ini. Untuk tahapan cara menciptakan es cendol Bandung yang lebih rinci, silahkan simak step by stepnya berikut.
Lainnya >> Resep dan Cara Membuat Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Bahan Resep Es Cendol Bandung

  1. 100 gr tepung hunkwee
  2. 5 sdm tepung beras
  3. 2 sdm tepung sagu
  4. 150 ml santan kental
  5. 1 sdt pasta pandan
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1 ltr air
  9. es kerikil secukupnya
  10. air matang secukupnya untuk merendam cendol

Bahan Santan

  1. 250 ml santan kental
  2. 1/2 sdt garam
  3. 2 lbr daun pandan

Bahan Sirup Gula

  1. 250 gr gula jawa, sisir halus
  2. 100 gr gula pasir
  3. 500 ml air
  4. 5 bh daging buah nangka

Cara Membuat Es Cendol Bandung

  1. Sebagai langkah pertama, kita dapat menciptakan sirup gulanya terlebih dahulu. Satukan semua materi untuk menciptakan sirup gula, kemudian didihkan sambil diaduk-aduk semoga gula larut. Masak sampai daging buah nangka layu sehingga aromanya keluar. Angkat kemudian dinginkan, sisihkan.
  2. Selanjutnya menciptakan santan untuk pemanis sajian. Didihkan semua materi untuk kuah santan sambil diaduk-aduk semoga santan tidak pecah. Tidak usah terlalu lama, cukup didihkan sebentar semoga santan tidak cepat kedaluwarsa dan menggumpal. Sisihkan.
  3. Saatnya menciptakan cendol. Satukan semua materi cendol dalam panci / wajan (kecuali air matang untuk merendam cendol dan penggalan es batu), aduk merata sampai tidak ada gumpalan.
  4. Hidupkan kompor dan masak adonan cendol diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk sampai menggumpal. Cicipi rasanya, kalau masih terasa tekstur tepungnya, berarti cendol belum matang. Aduk terus perlahan sampai matang sempurna.
  5. Siapkan ember yang berisi air matang dan penggalan es batu.
  6. Angkat cendol dari kompor. Tuang cendol kedalam cetakan cendol yang diletakkan diatas ember berisi air es. Tekan cetakan biar adonan cendol merembes kebawah cetakan dan berjatuhan kedalam ember yang berisi air es. Jika tidak punya cetakan cendol, kita dapat memakai ayakan bambu. Namun adonan cendol harus sedikit diremas semoga dapat lolos kedalam lubang-lubang ayakan bambu.
  7. Biarkan cendol yang sudah tercetak didalam air es sampai cendol benar-benar menggumpal dan memadat.
  8. Untuk menyajikannya, ambil cendol secukupnya dan tuangkan kedalam gelas saji. Masukkan es batu, kemudian siram dengan santan dan sirup gulanya.
  9. Es cendol khas Bandung siap disajikan. (untuk 10 porsi)
>> Resep dan Cara Membuat Es Pisang Ijo Sederhana Khas Makassar
Tidak terlalu sulit bukan? Cara menciptakan es cendol Bandung bergotong-royong cukup simpel. Tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan bubur sumsum. Hanya saja berbeda materi dan proses akhirnya. Dawet memerlukan selangkah proses lagi yaitu pencetakan.

Resep es cendol Bandung ini sudah melalui penyesuaian. Jika kalian mempunyai selera yang berbeda, juga silahkan diadaptasi dengan selera. Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2