KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Kerak Telor Sederhana Khas Betawi | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Kerak Telor Sederhana - Pernah merasakan kerak telor? Bagaimana rasanya, enak bukan? Makanan yang satu ini memang populer sebagai jajanan tradisional khas Betawi. Mungkin kini semakin jarang penjual yang menjajakkan kerak telor, kalaupun ada cuma di beberapa daerah tertentu menyerupai di area PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan beberapa titik di Ibu Kota yang menyajikan kuliner khas Betawi.
 Makanan yang satu ini memang populer sebagai jajanan tradisional khas Betawi Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
gambar : ismyama.com
Jika melihat penjual kerak telor ketika melayani pembeli, nampaknya cara menciptakan kerak telor sederhana tidak terlalu sulit. Dengan begitu kita pun sanggup membuatnya sendiri di rumah, resep kerak telor sederhana terbilang simpel dan bahan-bahannya pun praktis didapat dengan harga yang terjangkau. Dengan sedikit keuletan, kita pun sanggup menciptakan kerak telor di rumah dengan materi dan peralatan seadanya.

Salah satu ciri khas dari kerak telor yaitu penggunaan serundeng sebagai salah satu materi utamanya. Serundeng yaitu kelapa parut yang disangrai dengan suplemen bumbu-bumbu, daun bawang dan ikan teri kering serta ebi. Rasanya gurih dan mempunyai aroma khas dengan cita rasa yang didominasi oleh rasa ebi. Bagi kalian yang gres pertama mencicipinya, dijamin akan merasa ketagihan dengan kelezatan kerak telor serta aromanya yang menggugah selera.

Resep Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

Membuat kerak telor bahwasanya relatif mudah, kita sanggup membuatnya di rumah dengan beberapa penyesuaian. Kerak telor yang orisinil dibentuk dengan memakai panas dari pembakaran arang batok kelapa yang juga besar lengan berkuasa terhadap aromanya. Jika repot untuk mempersiapkannya, kita sanggup memakai kompor gas biasa dengan volume api kecil sehingga didapatkan panas yang pas. Namun memang cara ini tidak sanggup menggantikan rasa dan aroma yang didapat dari penggunaan arang batok. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan untuk menciptakan kerak telor.

Bahan Resep Kerak Telor Sederhana

  1. 1 gelas beras ketan putih, basuh higienis dan rendam dalam air selama minimal 3 jam. Lebih anggun direndam semalaman.
  2. 4 btr telur itik
  3. 1/2 btir kelapa, parut
  4. 1 bks bawang goreng kering siap pakai
  5. 6 sdm ebi, sangrai dan haluskan (diblender)
  6. 1 sdt garam
  7. 2 sdt gula pasir
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 5 bh cabai merah keriting
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1/2 sdt lada
  5. 2 btr kencur
  6. 2 cm jahe

Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

  1. Sebagai langkah pertama, kita akan menciptakan serundeng sebagai materi adonan dan materi taburan kerak telor dengan cara disangrai. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kelapa parut, garam, gula pasir dan 2 sendok makan udang kering halus. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kelapa kering dan berwarna kuning kecoklatan serta megeluarkan aroma harum khas serundeng. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan wajan, sebaiknya memakai wajan kecil yang mempunyai bentuk cekung.
  3. Tuangkan kedalam wajan, satu sendok sayur beras ketan yang telah direndam beserta satu sendok sayur air rendamannya. Tutup wajan dan masak beberapa ketika hingga air menyusut dan agak mengering.
  4. Masukkan dua sendok makan serundeng, 1 sendok makan udang kering halus, 1 sendok makan bawang goreng dan 1 butir telur itik. Aduk rata dan lebarkan hingga ke pinggir penggorengan serta membentuk dadar tipis.
  5. Masak hingga mengering dan mengeluarkan aroma harum khas telur dadar.
  6. Balikkan wajan sehingga posisinya tertelungkup dan api mengkremasi permukaan kerak telor. Biarkan beberapa ketika hingga kerak telor berubah warna menjadi kecoklatan namun hati-hati jangan hingga gosong.
  7. Untuk mengangkatnya, gunakan kape/kapi atau spatula tipis sehingga kerak telor sanggup terlepas dari wajan.
  8. Beri taburan serundeng dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.
Cara menciptakan kerak telor sederhana bahwasanya terbilang gampang, hanya saja pada proses pembuatan serundeng cukup memakan waktu alasannya yaitu harus benar-benar kering sehingga teksturnya menyerupai abon. Jika serundengnya benar-benar kering, rasanya lebih gurih dan teksturnya anggun namun jikalau serundengnya masih berair rasanya juga manjadi tidak terlalu gurih dan teksturnya kurang bagus. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Silahkan bagikan resep kerak telor sederhana ini jikalau sekiranya bermanfaat. Salam !

Resep Menarik Berikut Ini Ya!

Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Hotang Hot Dog Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2