KODE IKLAN DFP 1 Cara Menciptakan Tape Singkong Anggun Dengan Tekstur Lembut | Jajan Di Pinggiran

Cara Menciptakan Tape Singkong Anggun Dengan Tekstur Lembut

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Cara Membuat Tape Singkong AKA Peuyeum Bandung - Tape singkong yang lebih terkenal di kawasan Jawa Barat dengan sebutan peuyeum bandung merupakan penganan orisinil Indonesia.

Di kota-kota besar di seluruh Indonesia, tape singkong biasanya dijual oleh penjual keliling dengan memakai gerobak dan lebih terkenal dengan sebutan tape singkong saja.
Resep Menarik : Resep Pukis Tape Singkong Topping Coklat Keju
Cara Membuat Tape Singkong AKA Peuyeum Bandung Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Tape singkong mempunyai aroma yang khas menyerupai aroma alkohol, berasa bagus lantaran mengandung banyak gula yang dihasilkan dari fermentasi pati.

Tekstur tape singkong yang baik ialah tape singkong yang lembut namun tidak mengandung banyak cairan.

Mengkonsumsi tape singkong dipercaya sanggup memperlihatkan banyak sekali manfaat menyerupai meningkatkan fungsi saraf, sumber probiotik serta sebagai sumber energi lantaran mengandung gula dan karbohidrat.

Namun, mengkonsumsi tape secara berlebihan juga mengakibatkan imbas tidak baik menyerupai gangguan pencernaan serta penurunan kekebalan tubuh.

Kandungan Gizi Tape Singkong

Singkong merupakan materi pangan yang mengandung pati, sehingga kandungan karbohidratnya paling tinggi diantara zat gizi lainnya.

Pada 100 gram tape singkong, fermentasi karbohidrat dalam pati singkong menghasilkan energi setidaknya 170 kilo kalori dengan karbohidrat mencapai 42,5 gram.

Kandungan lainnya yang terdeteksi secara signifikan ialah 0,5 gram protein, 0,1 gram lemak, 30 miligram kalsium serta 30 miligram posfor dan 0,07 miligram vitamin B1.

Selain itu, tape singkong mengandung serat yang cukup tinggi serta kandungan alkohol yang masih dalam batas aman.

Membuat Tape Singkong dengan Tekstur Lembut

Pembuatan tape singkong sebetulnya tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan banyak bahan.

Namun, tentunya memerlukan ketelitian untuk mendapat hasil yang memuaskan.

Salah sedikit saja sanggup mengakibatkan tape singkong menjadi tak menarik, menyerupai teksturnya yang becek atau malah bantat serta ragi yang tidak tumbuh tepat sehingga tape menjadi bulukan dan berwarna kehitaman.
Cara Membuat Tape Singkong AKA Peuyeum Bandung Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
ragi tape
Kegagalan pembuatan tape singkong biasanya disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga, kontaminasi materi gila serta proses pemasakan singkong yang kurang tepat.

Maka dari itu, singkong yang akan dipakai untuk menciptakan tape haruslah dibersihkan dengan teliti.

Singkong yang sudah dikukus sebisa mungkin jangan tersentuh tangan secara eksklusif atau gunakan sarung tangan dikala memprosesnya.

Karena kontaminasi keringat, minyak dan materi gila lainnya sanggup menghambat pertumbuhan basil dalam ragi tape yang dipakai pada pembuatan tape singkong.

Jika kita teliti, sebetulnya tidaklah sulit untuk menciptakan sendiri tape singkong di rumah.

Asalkan prosedurnya tepat dan ke-steril-an singkongnya terjaga, tape singkong dengan kualitas baik sanggup kita buat dengan mudah.

Berikut ialah bahan-bahan yang kita perlukan untuk menciptakan tape singkong.

Bahan-bahan Membuat Tape Singkong

  • 1 kg singkong muda
  • 1 butir ragi tape

Cara Membuat Tape Singkong

  1. Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm. Tidak dipotong juga bergotong-royong tidak akan terlalu mempengaruhi hasil tape, hanya saja proses pembuatannya memerlukan ruang dan wadah yang lebih besar.
  2. Bersihkan lagi dalam air yang mengalir sehingga dipastikan bersih.
  3. Kukus singkong hingga matang, namun ingat jangan hingga terlalu lembek. Jika terlalu lembek, hasil simpulan juga akan lembek dan mengandung banyak air.
  4. Angkat singkong dari kukusan dan biarkan dingin, dari sini sebisa mungkin untuk tidak menyentuh singkong secara eksklusif lantaran kontaminasi zat gila sanggup mengganggu fermentasi. Gunakan sarung tangan atau cukup gunakan peralatan menyerupai garpu untuk menata singkong.
  5. Siapkan wadah yang agak dalam menyerupai baskom, toples yang agak besar ataupun bakul. Alasi dengan memakai daun singkong pada penggalan dasar serta pinggirannya.
  6. Sementara itu, remukkan ragi diatas piring jikalau masih berbentuk bulatan.
  7. Susun singkong untuk lapisan pertama dengan memakai garpu untuk menatanya, taburkan sebagian ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburi lagi dengan ragi dan seterusnya jikalau sisa singkong masih ada.
  8. Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi memakai daun pisang, dan tutup kembali memakai epilog wadah semoga tidak terbuka.
  9. Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan sesudah itu cek tape dengan memakai garpu. Jika sudah bertekstur lembut dan praktis ditusuk oleh garpu berarti tape singkong yang kita buat sudah jadi.
Tidak terlalu sulit dan kelihatan sepele namun juga memerlukan ketelitian untuk mendapat hasil yang maksimal.

Sebenarnya berlaku tidak hanya untuk pembuata tape, kehigienisan menjadi prasyarat sebuah penganan mempunyai kualitas yang layak dan sehat.

Bagaimana? Kalian tertarik untuk mencoba menciptakan tape singkong?

Simak Juga: Resep dan Cara Membuat Tape Goreng Isi Coklat Alias Rondo Royal
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2