KODE IKLAN DFP 1 Apa Zat Penyebab Rasa Pedas Pada Cabai? | Jajan Di Pinggiran

Apa Zat Penyebab Rasa Pedas Pada Cabai?

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
ini populer dengan rasanya yang amat pedas Apa Zat Penyebab Rasa Pedas Pada Cabai?
Siapa yang tak tahu rasa cabai, tumbuhan genus Capsicum ini populer dengan rasanya yang amat pedas. Sebenarnya tidak semua tumbuhan yang tergolong dalam keluarga cabe mempunyai rasa yang pedas, hanya dari genus Capsicum saja yang mempunyai rasa yang mengkremasi pengecap tersebut. Apa yang kita sebut dengan sebutan rasa pedas gotong royong bukanlah rasa yang sesungguhnya, sebab rasa itu sendiri yang terdiri dari manis, pahit, asam dan asin merupakan zat kimia yang diidentifikasi oleh reseptor syaraf tertentu di belahan atas lidah. Sedangkan yang kita sebut dengan rasa pedas sebetulnya tidak hanya sanggup dirasakan di pengecap namun di seluruh badan terlebih di tempat selaput lendir yang mempunyai kepekaan atau sensitifitas lebih tinggi. Selaput-selaput lendir sangat peka terhadap rasa pedas bahkan dapt mengakibatkan reaksi berlebih menyerupai iritasi dan gangguan selaput lendir itu sendiri.

Zat Penyebab Rasa Pedas Pada Cabai

Lalu apa gotong royong rasa pedas itu, dan zat menyerupai apa yang menyebabkannya?. Rasa pedas gotong royong ialah sensasi yang ditimbulkan dari semacam iritasi ringan dengan penyebabnya ialah sebuah zat yang dinamakan Kapsaisin / Capsaicin. Kapsaisin ialah sejenis zat kimia yang mengakibatkan sensasi rasa terbakar terhadap reseptor syaraf tertentu, sehingga otak merespon menyerupai pada suhu panas. Maka dari itu Kapsaisin sanggup mengakibatkan rasa panas bila terkena kulit dan efek yang berlebihan mengakibatkan bekas yang sama menyerupai kulit kita gres saja terkena api atau sumber panas. Namun kapsaisin tidak berlaku untuk beberapa hewan tertentu menyerupai unggas (burung, ayam dan sebagainya) sebab mereka tidak mempunyai reseptor yang bereaksi terhadap kapsaisin.

Menurut Wikipedia, kapsaisin sanggup diukur dengan skala Scoville, yaitu skala yang mengukur tingkat kepedasan atau kadar kapsaisin dari produk tumbuhan, sebab ternyata bukan hanya cabe yang menghasilkan rasa pedas. Namun tumbuhan-tumbuhan yang menghasilkan kapsaisin selain cabe hanya mempunyai tingkat kepedasan yang rendah sehingga jarang digunakan sebagai sumber rasa pedas. Sampai ketika ini banyak sekali penelitian telah dilakukan terkait kapsaisin ini, dengan mengukur banyak sekali spesies cabe yang mempunyai kadar kapsaisin beragam. Data yang diperoleh menawarkan kalau kadar kapsaisin yang paling tinggi ditemukan pada cabe India dengan kadar lebih dari 850 ribu Scoville, sedangkan cabe pada umumnya hanya mempunyai kadar kapsaisin tidak lebih dari 100 ribu Scoville. Bisa dibayangkan seperapa besar lengan berkuasa pedasnya, namun bagi para pecinta masakan pedas tampaknya cabe India menjadi sesuatu yang diidamkan untuk dicoba.

Salam .

KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2