Banyak cara untuk menggaet pelanggan, dan semua pebisnis mungkin menguasai tehnik yang berbeda dalam menggaet pelanggan untuk meramaikan bisnisnya. Dalam dunia bisnis, baik bisnis skala besar maupun bisnis kecil-kecilan, pelanggan merupakan bab terpenting dan tak sanggup dipisahkan, dan sekaligus mereka ialah aset paling berharga dalam dunia bisnis.
Ada peribahasa, mempertahankan itu lebih sulit daripada mendapatkan. Nampaknya peribahasa tersebut memang berlaku, menggaet pelanggan itu relatif mudah, kenapa demikian?. Orang-orang pada umumnya tertarik pada hal-hal yang gres dan rasa ingin tahu yang besar akan sesuatu yang mereka anggap baru. Faktor inilah yang dimanfaatkan para pebisnis untuk memasarkan produknya sehingga konsumen tertarik dan ingin mencoba. Dan sebaliknya, mempertahankan pelanggan itu relatif sulit. Kenapa disebut relatif sulit?, tren di negara kita bersifat temporer, dimana hal-hal yang sedang terkenal akan mengalami kejenuhan dan digeser dengan hal-hal baru. Begitu juga dengan dunia bisnis dan itu sudah menjadi hal yang lumrah, para pelanggan usang kelamaan akan merasa jenuh terhadap sebuah produk. Dibutuhkan inovasi-inovasi yang cemerlang semoga pelanggan tetap setia terhadap produk kita. Sulit? memang sulit, tetapi itu relatif, buktinya banyak perusahaan yang dimulai dari nol besar perlahan-lahan merangkak menjadi perusahaan konglomerasi. Mereka berhasil melampaui masa-masa sulit, kuncinya ialah menggaet pelanggan dan mempertahankan kepercayaannya.
www.tgibusinesssolutions.com |
5 Trik Ampuh Menggaet Pelanggan Untuk Usaha Anda
Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara untuk menggaet pelanggan. Diantaranya kita akan coba membahas lima hal yang paling mendasar, 5 tips ampuh menggaet pelanggan.
Produk Berkualitas.
Pastikan produk yang kita tawarkan berkualitas baik, patokan pertama untuk persoalan kualitas ialah penampilan yang baik dan menarik, selanjutnya materi penyusunnya sanggup dipertanggungjawabkan, dan proses produksi yang sesuai prosedur. Jika produk yang kita tawarkan berupa masakan atau minuman, pastikan produk kita bersih, terbuat dari materi yang baik, dan proses pembuatan (produksi) yang higienis.
Perlakukan dengan Ramah.
Pelayanan yang ramah akan menciptakan pelanggan kita merasa dihargai dan diutamakan, dengan begitu pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan untuk membeli atau memakai produk kita secara kontinyu pun terbuka lebar. Hal ini terlihat sepele namun berperan besar, seberapa kecil pun pelanggan memakai produk kita, perlakukanlah pelanggan seramah mungkin
Jadilah Pebisnis Jujur.
Salahsatu kunci kesuksesan ialah kejujuran, dan ini berkaitan dekat dengan kualitas produk yang kita tawarkan. Jujur dalam artian mengatakan produk seadanya sesuai kualitasnya, tidak melebih-lebihkan dengan alasan mengambil hati pelanggan. Misalnya produk A dengan harga sekian, dikarenakan pelanggan merasa puas di lain waktu kita mark-up sehingga harganya menjadi sekian kali lipat, atau produk X dengan kualitas B, alasannya ialah takut pelanggan merasa ragu maka kita sebut kualitasnya menjadi A, dan sebagainya. Hal tersebut biasanya efektif di kali pertama, namun hilanglah kepercayaan di kali kedua dan seterusnya.
Program Promosi.
Sebenarnya agenda promosi bersifat opsional namun terbukti ampuh dalam menggaet pelanggan terutama jikalau bisnis atau perjuangan yang kita jalankan tergolong gres ataupun melebar ke divisi/cabang perjuangan baru. Promosi sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara, yang paling umum ialah promosi dalam bentuk voucher dengan melibatkan pihak lain, promosi dalam bentuk diskon, adapun promosi yang menyelenggarakan undian, kupon berhadiah dan sebagainya.
Fokus dan Sepenuh hati.
Usaha/bisnis sejatinya ditujukan untuk mengejar profit, dalam kenyataannya tidak semudah ibarat yang telah direncanakan dalam planning usaha. Kesulitan, kerugian dan lain sebagainya seringkali menghiasi dan menjadi rintangan dalam mengejar profit itu sendiri. Tak sedikit pebisnis besar yang terhenti di tengah jalan, ibarat kebanyakan masalah yang terjadi seringkali masalahnya sepele ibarat tidak fokus dan keraguan mengambil keputusan. Untung yang besar tidak serta merta menyebabkan suatu perjuangan tumbuh dan berkembang besar, yang paling utama ialah fokus terhadap tujuan usaha, konsisten dan lakukanlah sepenuh hati. Untung dan rugi menjadi hal yang biasa dalam dunia bisnis, untuk itu diharapkan kegigihan dah kelihaian dalam mengatur strategi.
Praktis bukan berarti sanggup disepelekan, sulit bukan berarti tidak mungkin untuk diusahakan. Kuncinya ialah kesabaran dan keseriusan dalam menjalani usaha, fokus terhadap tujuan dan bekerja cerdas. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Salam, .