KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Cakwe Goreng, Renyah Di Luar Empuk Di Dalam | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Cakwe Goreng, Renyah Di Luar Empuk Di Dalam

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Cakwe Goreng - Cakwe, jajanan yang terkenal sebagai cemilan ini memang enak dan banyak disukai mulai dari belum dewasa hingga orang dewasa. Penganan ini pada mulanya merupakan jajanan tradisional masyarakat Tionghoa, mereka menyebutnya dengan sebutan cahkwe dan terkenal di Indonesia sebagai cakwe.

Sekilas Mengenai Cakwe yang Terdapat di Nusantara

 jajanan yang terkenal sebagai cemilan ini memang enak dan banyak disukai mulai dari anak Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng, Renyah di Luar Empuk di Dalam
sumber gambar : www.raja-makan.co.id
Cara menciptakan cakwe goreng bergotong-royong cukup beragam. Menurut cara penyajiannya, di negara kita dikenal dengan beberapa versi dari cakwe ini. Namun materi dasar utama yang dipakai tidak jauh berbeda yaitu tepung terigu yang disertai pengembang kue.

Sementara untuk materi pengembangnya sendiri, cakwe sanggup memakai perpaduan antara baking soda dan baking powder disertai materi pengembang organik, ada juga yang memakai pengembang organik saja.

Kelebihan memakai komplemen pengembang kimiawi ialah hasil simpulan yang didapatkan sanggup mengembang tepat namun bila dosis yang dipakai terlalu banyak sanggup menyisakan rasa pahit dari sodium bikarbonat.

Membuat cakwe memang memerlukan sedikit kesabaran, pasalnya campuran harus diinkubasi terlebih dahulu biar mengembang sempurna. Jika tidak, cakwe akan menjadi bantat. Untuk itu, inkubasi dilakukan setidaknya selama minimal dua jam, guna mendapat tekstur yang pas.

Sementara untuk penyajian cakwe itu sendiri. Di beberapa tempat mirip tempat Jawa Tengah, cakwe disajikan dengan komplemen sari kedelai. Dan di tempat lainnya, ada juga cakwe yang disajikan bersama dengan saus pedas manis, sambal kacang, saus tomat dan lainnya.

Namun pada umumnya mirip yang banyak dikenal bahwa cakwe biasanya disajikan bersama saus asam anggun dengan opsi pedas. Semua tergantung selera.

Resep Cakwe Goreng yang Renyah Diluar Empuk Didalam

Untuk mendapat cakwe dengan tekstur yang empuk, baiknya kita memakai tepung terigu protein tinggi untuk mendapat hasil terbaik. Dengan begitu, hasil yang didapatkan nantinya bertekstur agak kenyal sementara di luarnya bertekstur agak renyah.

Disini kita akan memakai dua versi penggunaan materi pegembang yaitu organik dan kimiawi. Takaran dan proses pembuatannya memang membutuhkan penyesuaian, dan bila mengalami kegagalan dikala pertama kali mencoba ialah sesuatu hal yang wajar. Lama kelamaan kita akan menguasainya dan duduk masalah dosis sanggup memakai 'feeling' saja.

Berikut bahan-bahan yang kita perlukan untuk menciptakan cakwe goreng yang empuk.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Cakwe Goreng

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 2 siung bawang putih, haluskan (opsional)
  3. 1 sdt garam halus
  4. 1/2 sdm gula pasir
  5. +/- 200 ml air matang
  6. 1/2 sdt ragi instan
  7. 1/4 sdt baking powder
  8. 1/4 sdt baking soda

Bahan Saus Asam Manis Pedas

  1. 2 sdm gula pasir
  2. 1 sdm cuka
  3. 1 sdt garam
  4. 1 siung bawang putih, haluskan
  5. 2 siung bawang merah, haluskan
  6. 2 bh cabai rawit, haluskan
  7. 200 ml air

Cara Membuat Cakwe Goreng Renyah dan Empuk

  • Membuat saus : satukan semua materi saus kemudian didihkan, angkat dan sisihkan.

Membuat Adonan Cakwe

  1. Buatlah campuran biang dengan cara melarutkan gula pasir bersama dengan ragi instan serta satu sendok makan tepung terigu kedalam 100 ml air matang, aduk dan sisihkan hingga berbuih.
  2. Ayak tepung terigu bersama baking powder dan baking soda biar tidak ada gumpalan serta bahan-bahan tercampur dengan merata.
  3. Tuangkan campuran biang, bawang putih serta garam halus dan uleni hingga campuran kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Tambahkan sisa air kedalam campuran bertahap sambil terus diuleni. Perkirakan dosis air sehingga campuran tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras (menyerupai campuran roti/donat).
  5. Tutup campuran dengan lap lembap dan biarkan mengembang selama kurang lebih setengah jam.
  6. Setelah kurang lebih setengah jam, uleni lagi campuran hingga benar-benar kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan lagi selama minimal dua jam hingga campuran mengembang tepat dan siap.

Menggoreng Cakwe

  1. Panaskan minyak goreng dalam jumlah agak banyak (deep fry) dalam penggorengan diatas api sedang.
  2. Kempiskan adonan, ambil kurang lebih sebesar ibu jari. Jika campuran sedikit lengket, tambahkan sedikit minyak goreng.
  3. Tarik campuran hingga memanjang dan pipihkan, buat lagi dengan ukuran yang sama.
  4. Rangkapkan dua campuran dan tekan secara membujur sehingga dua campuran yang pipih memanjang menjadi berhimpitan dan melekat satu sama lain, mirip dua jari yang dihimpitkan.
  5. Setelah minyak panas, goreng campuran tersebut hingga mengembang dan berubah warna menjadi coklat keemasan.
  6. Angkat dan tiriskan, lakukan hingga campuran habis.
  7. Sajikan cakwe bersama dengan saus asam anggun pedas, mmm lezaat.
Siapa yang tidak ngiler, cakwe yang bertekstur renyah empuk dengan rasa yang gurih berpadu dengan saus asam anggun pedas. Penggemar jajanan pastinya sulit melewatkan masakan ringan dengan rasa yang berkarakter ini.

Untuk cara menciptakan cakwe goreng itu sendiri, baik memakai pengembang organik saja maupun dengan komplemen pengembang kimiawi semua mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tinggal kita saja yang lebih prefer ke cara yang mana.

Sementara untuk dosis resep cakwe goreng itu sendiri semuanya tergantung pengalaman, semakin sering kita bereksperimen makan dosis dan proses pembuatan yang pas sanggup kita kuasai dengan sendirinya. Selamat bereksperimen dan salam !

Resep Berikut Ini Juga Perlu Dicoba Nih!

Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Khas Tasikmalaya
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2