KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Roti Maryam Sederhana (Roti Canai / Cane) | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Roti Maryam Sederhana (Roti Canai / Cane)

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Roti Maryam Sederhana - Roti maryam atau yang dikenal juga sebagai roti canai atau roti cane merupakan salah satu jenis roti pipih yang tidak memakai materi pengembang. Roti maryam biasanya disajikan sebagai kuliner pokok atau kuliner selingan dan disantap bersama dengan materi tambahan atau kuliner lainnya. Biasanya, roti maryam disantap bersama dengan kari atau juga dimakan dengan topping manis.
 Roti maryam atau yang dikenal juga sebagai roti canai atau roti cane merupakan salah satu Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Sederhana (Roti Canai / Cane)
Resep Roti Maryam Sederhana
Makanan yang dipercaya berasal dari Asia Selatan ini cukup praktis dibuat. Cara menciptakan roti maryam sederhana sanggup dibilang cukup praktis dan hanya memerlukan sedikit bahan. Proses pembuatannya juga cukup simpel, sehingga tidak memerlukan alat tambahan menyerupai mikser. Secara garis besar, proses pembuatan campuran roti maryam hampir sama menyerupai pembuatan kulit martabak telur.

Adonan roti maryam mempunyai tekstur yang lembek namun kenyal sehingga sanggup ditarik sampai melar menyerupai campuran roti tawar. Untuk itu, campuran harus didiamkan dulu selama kurang lebih satu jam untuk mendapat kekenyalan yang sempurna. Prosesnya juga kurang lebih menyerupai menciptakan campuran roti tawar, hanya saja tidak melibatkan materi pengembang.

Resep Roti Maryam Sederhana yang Enak dan Empuk

Dalam resep kita kali ini, tepung terigu yang kita gunakan ialah tepung terigu serbaguna alasannya ialah lebih praktis didapat. Agar lebih empuk dan kenyal, kita juga sanggup memakai tepung terigu yang berprotein tinggi menyerupai pada pembuatan roti tawar. Rasanya juga tentu lebih yummy dan empuk.

Untuk menambah cita rasa, disini kita memakai susu cair sebagai materi tambahannya. Jika tidak ada, susu cair sanggup diganti dengan air biasa dan ditambahkan susu abu atau susu kental manis. Berikut ini bahan-bahannya beserta cara membuatnya secara lengkap.

Bahan Resep Roti Maryam Sederhana

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 100 ml susu cair
  3. 1 btr telur
  4. 5 sdm margarin, cairkan
  5. 5 sdm minyak goreng
  6. 1/2 sdt garam
  7. air secukupnya

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

  1. Campurkan susu cair, telur, margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk memakai garpu atau balloon whisk sampai semua materi tercampur.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Uleni memakai tangan sampai aonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air bertahap untuk menyesuaikan tekstur adonan. Tekstur campuran yang ideal untuk menciptakan roti maryam ialah menyerupai campuran kulit martabak telur. Adonannya lembek namun tidak sanggup dituang, praktis dibuat dan elastis.
  3. Sesudah campuran kalis, diamkan campuran kurang lebih selama 1 jam. Tutuplah campuran memakai serbet higienis yang dibasahi atau memakai plastik semoga kelembabannya tidak hilang.
  4. Sesudah 1 jam, bagi campuran menjadi beberapa pecahan dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.
  5. Setelah didiamkan, campuran sekarang siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, lalu olesi dengan minyak goreng.
  6. Pipihkan campuran setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti dikala tukang martabak menciptakan kulit martabak telur. Setelah pipih, gulungkan campuran sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini campuran berbentuk menyerupai karpet yang digulung.
  7. Setelah itu, gulungkan lagi campuran dari kedua ujungnya secara berlawanan. Jika campuran diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan ujung kiri ke sebelah bawah sampai kedua gulungan bertemu di tengah. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa.
  8. Pipihkan gulungan campuran memakai botol dengan ketebalan antara 0,5 - 1 cm atau sesuai selera.
  9. Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil sampai matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
  10. Sajikan roti maryam selagi hagat. Roti maryam biasa disajikan bersama dengan kari dan sanggup juga disajikan sebagai camilan serta diberi topping beraneka ragam menyerupai susu, coklat dan keju.
Resep roti maryam sederhana sanggup dibuat hanya dari tepung terigu yang dicampur dengan air dan minyak. Untuk konsumsi sendiri, apa salahnya kalau kita membuatnya dengan bahan-bahan tambahan lain sehingga lebih enak. Namun saking sederhananya, roti maryam sanggup dibuat dengan materi seadanya.

Bagaimana, kalian tertarik mencoba? Cara menciptakan roti maryam sederhana ini sangat praktis dan sanggup dijadikan pengisi waktu luang. Yuk kita berkreasi di dapur! Salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2