KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Bundar Kopong Khas Tasikmalaya | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Bundar Kopong Khas Tasikmalaya

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Tahu Bulat Kopong - Siapa yang tidak kenal dengan tahu bulat. Makanan yang satu ini merupakan jajanan yang cukup terkenal terlebih di pulau Jawa sebagai jajanan rakyat yang murah meriah namun dengan cita rasa yang lezat. Penjual tahu lingkaran lazim ditemui di pinggir-pinggir jalan, bahkan di kota-kota besar tahu lingkaran lazim dijual berkeliling memakai gerobak maupun kendaraan beroda empat yang berjualan secara berpindah-pindah.

Tahu lingkaran mempunyai tekstur yang berongga atau biasa disebut kopong. Semakin kopong, maka tahu lingkaran akan semakin enak dan rasanya lebih gurih. Rongga-rongga yang terbentuk didalam tahu lingkaran tersebut terbentuk akhir udara yang terperangkap dikala tahu digoreng. Itu artinya, tahu lingkaran memakai materi pengembang. Penasaran ingin membuatnya, yuk simak selengkapnya!
 Siapa yang tidak kenal dengan tahu lingkaran Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya
gambar : nadyazura.blogspot.com
Dan tahukah kalian, ternyata cara menciptakan tahu lingkaran kopong dan mengembang tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Karena pada dasarnya, tahu lingkaran yaitu tahu biasa yang dibentuk mengembang sampai terbentuk rongga-rongga udara didalamnya. Pengembang yang dipakai merupakan pengembang kimiawi yang hanya mengembang dikala tahu digoreng. Itu artinya, kita memerlukan materi pengembang berupa baking powder.

Bagi kalian yang ingin tau ingin menciptakan sendiri tahu lingkaran di rumah, berikut ini yaitu resep sederhana yang sanggup dibentuk kapan saja selagi bahan-bahan tersedia. Meskipun sederhana, namun cita rasa yang didapatkan tidak kalah dengan tahu lingkaran abang-abang.

Resep Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya

Untuk mendapat tahu yang mengembang sempurna, sebaiknya tahu dimasukkan terlebih dahulu kedalam lemari es. Bisa juga kita merendamnya dalam air es batu. Tidak juga tidak apa-apa, hanya saja dengan didinginkan terlebih dahulu maka tahu sanggup lebih mengembang.

Proses ini bertujuan semoga baking powder yang terkadung pada campuran tahu lingkaran tidak bereaksi secara berlebihan. Mengingat baking powder hanya akan bereaksi dengan zat tertentu dan pada suhu tertentu. Dengan mendinginkan materi adonan, maka baking powder sebisa mungkin diusahakan untuk mengembang dikala campuran digoreng saja.

Sementara untuk jenis tahu yang digunakan, kita sanggup memakai tahu putih biasa. Berikut ini bahan-bahan untuk menciptakan tahu lingkaran secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Tahu Bulat Kopong

  1. 10 bh tahu putih
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Mengembang

  1. Hancurkan tahu memakai ulekan sampai halus. Setelah itu, bungkus tahu dengan kain higienis lalu peras airnya sebanyak mungkin sampai tahu menjadi agak kering mirip ampas.
  2. Masukkan kembali tahu kedalam wadah. Bubuhkan garam, kaldu bubuk, bawang putih halus dan baking powder. Aduk sampai merata.
  3. Bentuk campuran tahu menjadi bulatan-bulatan ibarat bola sebagaimana bentuk tahu bulat.
  4. Masukkan tahu lingkaran mentah kedalam lemari es selama 1-2 jam semoga tahu menjadi masbodoh dan baking powder yang terkandung didalamnya hanya berekasi saaat digoreng saja. Setelah itu, tahu lingkaran siap untuk digoreng kapan saja.
  5. Untuk menggorengnya, goreng tahu lingkaran pada minyak panas diatas api kecil sampai mengembang dan warnanya menjelma kuning kecoklatan.
  6. Sajikan tahu selagi hangat bersama dengan saus sambal atau bumbu tabur pedas.
Praktis bukan, cara menciptakan tahu lingkaran kopong dan mengembang gotong royong tidak mempunyai tehnik rahasia. Kunci keberhasilan dari proses pembuatan tahu lingkaran terletak pada dikala kita memeras air dari tahu. Semakin banyak air yang keluar, maka semakin sedikit kadar air yang terkandung pada tahu. Itu artinya, kualitas tahu lingkaran semakin baik.

Sementara untuk variasi resep tahu lingkaran kopong, kalian sanggup memodifikasinya sendiri sesuai selera. Seperti diberi isian sayuran atau isian berupa cabai rawit sehingga didapat cita rasa yang pedas. Kalian juga sanggup menambahkan materi lain kedalam campuran mirip telur atau daging ikan yang sudah digiling halus. Bagaimana dengan rasanya? Tentunya lebih lezat! Selamat mencoba dan salam !
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2