KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Donat Kentang Sederhana | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Donat Kentang Sederhana

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Donat Kentang Sederhana - Donat kentang, sesuai namanya merupakan variasi dari donat yang memakai pemanis materi utama berupa kentang kukus. Tekstur donat kentang lebih lembut dan lebih berbobot alasannya mengandung cukup banyak air. Sementara untuk rasanya, jangan ditanya. Kelezatan donat kentang memang sudah populer dan terbukti dari banyaknya penyuka donat berbahan dasar umbi ini. Donat kentang mempunyai aroma yang khas, membuatnya berbeda dari donat biasa pada umumnya dan lebih menggugah selera. Ingin mencoba menciptakan sendiri donat kentang di rumah, simak berikut ini ya!
 sesuai namanya merupakan variasi dari donat yang memakai pemanis materi utama berupa  Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep Donat Kentang Sederhana
Cara menciptakan donat kentang sederhana bahwasanya cukup simpel dan murah. Hanya saja, pembuatan gabungan donat kentang memakai pengembang organik berupa ragi instan sehingga memerlukan waktu yang cukup usang untuk menginkubasi mikroba yang terkandung didalamnya dan memfermentasi adonan. Adonan donat kentang harus didiamkan minimal satu jam, setengah jam sebelum gabungan dibuat dan setengah jam lagi sebelum gabungan digoreng. Jika waktu inkubasi kurang, maka gabungan tidak akan mengembang dengan sempurna.

Sementara untuk proses penggorengan, donat memakai tehnik menggoreng secara deep fry atau seluruh permukaan gabungan yang digoreng harus terendam minyak. Jika tidak, maka gabungan tidak akan mengembang secara tepat dan malah bantat. Untuk media penggorengan yang digunakan, idealnya donat digoreng memakai minyak padat sehingga saat hirau taacuh donat tidak akan menyisakan tetesan minyak dan teksturnya lebih garing namun empuk di bab dalamnya. Jika minyak padat sulit didapat, gunakanlah minyak goreng kemasan. Karena kalau memakai minyak goreng curah kesudahannya kurang baik.

Resep Donat Kentang Sederhana

Bahan utama untuk pembuatan donat kentang tentunya yaitu kentang yang dikukus kemudian dihaluskan. Bisa juga memakai kentang rebus namun aromanya menjadi berkurang alasannya terlalu banyak mengandung air dan teksturnya menjadi lebih lembek. Sementara untuk materi dasar tepung terigu, gunakanlah tepung terigu yang mengandung banyak gluten atau tepung terigu protein tinggi sehingga donat sanggup lebih mengembang dan lebih empuk. Berikut ini bahan-bahan lengkapnya!

Bahan Resep Donat Kentang Sederhana

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 125 gr kentang kukus, haluskan
  3. 50 gr gula halus (atau sesuai selera)
  4. 30 gr susu abu full cream
  5. 40 gr margarin
  6. 2 btr kuning telur
  7. 1/2 sdm ragi instan (1/2 bks)
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/2 sdt vanili bubuk
  10. air es secukupnya
  11. minyak padat atau minyak goreng kemasan yang agak banyak

Bahan Topping (opsional)

  1. margarin untuk mengoles dan coklat meses secukupnya, atau
  2. gula halus secukupnya, atau
  3. coklat yang dilelehkan atau apa saja sesuai selera

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

  1. Ayak tepung terigu bersama dengan gula halus dan susu bubuk. Campurkan ragi instan dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan bersama dengan kuning telur, uleni memakai tangan. Sambil menguleni, sesuaikan tekstur gabungan dengan menambahkan air es bertahap sampai didapat tekstur yang pas. Sebagai patokan, tekstur gabungan untuk donat haruslah lunak dan simpel dibuat namun tidak terlalu lembek, menyerupai gabungan roti tawar.
  3. Masukkan margarin, uleni gabungan sampai benar-benar kalis.
  4. Tutup gabungan memakai serbet yang sudah dibasahi dan diamkan selama minimal 30 - 60 menit.
  5. Setelah didiamkan, gabungan akan mengembang. Kempiskan gabungan dan bagi menjadi beberapa bagian.
  6. Bentuklah bulatan-bulatan untuk tiap bab gabungan dan buat lubang ditengahnya sampai membentuk donat. Diamkan lagi selama kurang lebih 30 - 60 menit.
  7. Panaskan minyak, goreng donat memakai api sedang sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Beri topping sesuai selera dan nikmati selagi hangat.
Cara menciptakan donat kentang sederhana ini bahwasanya cukup mudah, namun memang memerlukan waktu yang cukup usang alasannya harus melalui waktu inkubasi adonan. Dibutuhkan waktu yang agak senggang untuk membuatnya, namun kalau sudah berhasil maka akan terbayarkan dengan rasanya yang lezat.

Resep donat kentang sederhana juga terbilang simpel dan tidak terlalu membutuhkan banyak bahan. Namun untuk mendapat tekstur yang bagus, bahan-bahan haruslah memakai materi yang berkualitas. Seperti pada materi tepung terigu dan margarin, semakin baik kualitasnya maka semakin anggun juga hasilnya, dan tentunya semakin empuk. Tertarik untuk mencoba? Salam !

Resep Menarik Berikut Ini Perlu Dicoba Lho!

Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2