KODE IKLAN DFP 1 Cara Menciptakan Kaldu Sapi Memakai Slow Cooker | Jajan Di Pinggiran

Cara Menciptakan Kaldu Sapi Memakai Slow Cooker

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Di pasaran, banyak kaldu sapi siap pakai dalam aneka macam bentuk, mulai dari kaldu debu sampai kaldu cair.

Akan tetapi, rasa kaldu yang dibentuk secara eksklusif ternyata lebih yummy dan lebih sedap sehingga rasa masakanpun lebih mantap.

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah gampang maka kita sudah memiliki kaldu segar yang tentunya lebih sehat.
 banyak kaldu sapi siap pakai dalam aneka macam bentuk Cara Membuat Kaldu Sapi Menggunakan Slow Cooker
Tau gak sih, menciptakan kaldu itu tidak sesulit dan seribet yang dipikirkan orang.

Meskipun memang, untuk menghasilkan kaldu yang baik tentunya diharapkan ketelitian dalam membuatnya dalam artian tidak asal-asalan.

Kunci utamanya yaitu kehigienisan dalam proses pembuatannya, dengan demikian maka kaldu yang dihasilkan akan lebih maksimal.

Kaldu sapi yang baik yaitu kaldu yang bening atau transparan atau tidak butek, tidak berbau amis, dan juga tidak mengandung lemak yang banyak.

Untuk itu, kebersihan perlu dijaga mulai dari persiapan sampai proses akhir.

Jika prosesnya tepat, maka kaldu yang dihasilkan dapat bertahan usang sampai berbulan-bulan atau tidak cepat basi.

Secara umum, menciptakan kaldu sapi yaitu memasak daging atau tulang sapi diatas api sangat kecil dalam waktu yang usang atau istilahnya slow cooking.

Jika tidak lama, maka kaldunya tidak akan keluar.

Untungnya, jaman kini ini kita dapat memakai slow cooker sehingga lebih mudah dan dapat dintinggal-tinggal tanpa kuatir akan ancaman api ataupun gas habis.

Sebagai materi utama menciptakan kaldu sapi, kita dapat memakai tulang belakang sapi atau dapat juga tulang kaki.

Harga tulang sapi cukup murah, di daerah penulis sendiri, harga tulang sapi berkisar antara 10-30 ribu Rupiah untuk setengah kilogramnya.

Bergantung harga daging dan kondisi tulang sapi itu sendiri, jikalau masih banyak daging yang melekat maka harganya lebih mahal.

Nah, apa saja bahan-bahan yang kita perlukan untuk menciptakan kaldu sapi dan menyerupai apa cara membuatnya? Yuk simak!

Bahan-Bahan

  • 500 gr tulang sapi
  • 2 btg daun bawang, potong-potong
  • 1 bh bawang bombay, belah 4 bagian
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 1 bh wortel, kupas lalu iris-iris
  • air, secukupnya

Cara Membuat Kaldu Sapi Menggunakan Slow Cooker

  1. Cuci dan bersihkan tulang sapi sampai bersih. Pastikan tidak ada sisa darah yang melekat dan pastikan juga tidak banyak lemak atau gajih yang menempel.
  2. Rebus tulang sapi dalam air mendidih. Gunakan air yang cukup banyak, sekiranya dapat merendam keseluruhan tulang. Rebus selama beberapa dikala sampai keluar buihnya. Perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang dan sisa darah yang mungkin masih melekat dan dapat menyisakan bau wangi pada air kaldu nantinya.
  3. Angkat dan pisahkan tulang sapi dari air rebusannya, tiriskan.
  4. Masukkan tulang sapi yang sudah direbus kedalam slow cooker bersama dengan materi lainnya menyerupai daun bawang, bawang bombay, bawang putih dan wortel.
  5. Tuangkan air secukupnya, lalu nyalakan slow cooker.
  6. Biarkan tulang sapi dimasak dalam slow cooker selama semalaman. Besoknya, kaldu sapi sudah jadi dan tulang sapi dapat dipisahkan dari air kaldunya.
  7. Jika ingin memakai panci biasa, silahkan masak semua materi sampai mendidih. Setelah mendidih maka kecilkan api kompor sampai sangat kecil dan masaklah tulang sapi selama minimal 2 jam.
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2