KODE IKLAN DFP 1 Resep Rempeyek Renyah Dan Garing Tanpa Memakai Santan | Jajan Di Pinggiran

Resep Rempeyek Renyah Dan Garing Tanpa Memakai Santan

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resepi Rempeyek Tanpa Santan - Rempeyek, salah satu cemilan khas Nusantara yang digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat.

Rempeyek yang enak itu, yang mempunyai tekstur garing dan renyah, tidak getas dan tidak cepat mlempem, serta mempunyai rasa yang gurih.

Untuk mendapat tekstur yang garing, renyah serta rasa yang gurih, biasanya ditambahkan santan pada campuran rempeyek.
 salah satu cemilan khas Nusantara yang digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat Resep Rempeyek Renyah dan Garing Tanpa Menggunakan Santan
Rempeyek Kacang / kokiku.tv
Namun untuk kali ini, kita tidak akan memakai santan sama sekali. Meski begitu, hasil risikonya tetap renyah dan garing.

Pemilihan materi utama juga sangat memilih hasil akhir. Gunakan tepung beras kualitas terbaik semoga hasilnya juga maksimal.

Supaya lebih renyah, kita dapat menambahkan tepung tapioka kedalam adonan. Takarannya kurang lebih 10 bab tepung beras berbanding 1-2 bab tepung tapioka.

Dan untuk menambah cita rasa gurih, kita dapat menambahkan bawang putih dan kemiri. Tidak perlu memakai penyedap, jadi lebih sehat, ya.

Untuk bahan-bahan lainnya, kita dapat simak resep selengkapnya berikut ini. Yuk!

Resepi Rempeyek Tanpa Santan, Renyah dan Garing

Bahan-Bahan

  1. 250 gr tepung beras kualitas terbaik
  2. 2 sdm tepung tapioka
  3. 1 btr telur ayam
  4. 1 sdm air kapur sirih
  5. 10 lbr daun jeruk, rajang halus
  6. garam secukupnya
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang putih
  2. 3 btr kemiri
  3. 1 sdm ketumbar

Bahan Pengisi

  1. 50 gr kacang tanah, rajang kasar
  2. udang rebon secukupnya
  3. ikan teri asin secukupnya

Cara Membuat Rempeyek Tanpa Santan

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung tapioka, air kapur sirih, bumbu halus, garam dan telur ayam.
  2. Tuangkan air bertahap sambil diaduk memakai sendok sampai membentuk adonan. Sesuaikan teksturnya, supaya tidak kekentalan juga tidak keenceran. Jika terlalu kental, maka rempeyek tidak akan renyah dan hasilnya terlalu tebal. Dan bila terlalu encer, rempeyek akan terlalu tipis dan gampang hancur. Kaprikornus sesuaikan saja ya, dengan cara menggoreng 1-2 buah sebagai percobaan.
  3. Masukkan daun jeruk, juga materi pengisi lainnya ibarat kacang tanah, udang rebon dan ikan teri asin. Bahan-bahan tersebut dapat dikombinasikan atau dibentuk salah satu, misal rempeyek kacang saja, rebon saja, atau ikan teri saja.
  4. Lanjut menggoreng. Panaskan minyak yang banyak diatas api sedang sampai benar-benar panas.
  5. Ambil satu sendok sayur campuran rempeyek, tuang campuran di tepian wajan dengan cara melebarkannya. Buat beberapa buah sampai pinggiran wajan penuh. Sirami dengan minyak dengan cara menyibak-nyibakkan minyak dari tengah ke tepian sampai rempeyek terlepas dari pinggiran wajan.
  6. Goreng rempeyek sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Jika ingin hasil rempeyek yang seragam dan seukuran, kita dapat memakai cetakan khusus rempeyek. Caranya, masukkan cetakan rempeyek pada minyak panas selama beberapa dikala kemudian angkat.
  8. Tuangkan satu sendok sayur campuran kedalam cetakan, kemudian letakkan cetakan di permukaan minyak sampai campuran rempeyek menggumpal. Setelah itu, lepaskan rempeyek dari cetakan dengan cara menggoyang-goyangnya. Goreng rempeyek sampai matang sambil mengulangi langkah yang sama.
  9. Jika memakai cetakan martabak elok mini, tuangkan sedikit minyak pada cetakan. Panaskan cetakan diatas api kecil sampai benar-benar panas.
  10. Tuang satu sendok sayur campuran rempeyek pada tiap lubang cetakan martabak mini, biasanya mempunyai 4 lubang. Biarkan sampai campuran menggumpal.
  11. Setelah campuran menggumpal, pindahkan rempeyek 'setengah matang' pada penggorengan utama dan goreng sampai matang.
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2