KODE IKLAN DFP 1 Resep Dan Cara Menciptakan Es Potong Kacang Hijau Tradisional | Jajan Di Pinggiran

Resep Dan Cara Menciptakan Es Potong Kacang Hijau Tradisional

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Resep Es Potong Kacang Hijau - Bagi yang mengalami masa kanak-kanak di tahun 80-90an mungkin sudah tidak absurd dengan es potong tradisional yang waktu itu juga dikenal sebagai es unyil. Pada jaman-jaman tersebut, es potong ialah jajanan yang cukup booming di kampung-kampung mengingat belum banyaknya jenis jajanan gres ibarat kini ini. Memang es potong juga masih eksis sampai sekarang, namun sudah tidak sepopuler dulu lagi. Padahal, jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang sehat alasannya tanpa materi pengawet dan materi kimia. Nah, bagi yang ingin mengenang masa kecil atau yang ingin sekedar merasakan nikmatnya es potong tradisional, mendingan kita membuatnya sendiri di rumah, yuk! Kali ini kita akan mencoba menciptakan es potong dengan cita rasa kacang hijau.
an mungkin sudah tidak absurd dengan es potong tradisional yang waktu itu juga dikenal seba Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau Tradisional
gambar : travel.kompas.com
Pada dasarnya, cara menciptakan es potong kacang hijau sangatlah gampang dan prosesnya cukup cepat jikalau semua materi telah tersedia. Namun persiapannya diusahakan tidak mendadak alasannya kacang hijau yang kita gunakan harus direbus terlebih dahulu sampai hancur. Langkah-langkah yang kita perlukan selanjutnya ialah menciptakan adonannya lalu mengemasnya kedalam plastik. Setelah itu, barulah gabungan es potong kita bekukan didalam freezer sampai beku dan membentuk es.

Persiapan untuk menciptakan es potong dengan rasa kacang hijau yang cukup usang ialah merebus kacang hijau sampai hancur. Untuk itu, sebaiknya kacang hijau sudah direndam selama semalaman semoga proses perebusan dapat lebih cepat. Akan lebih baik jikalau kacang hijau sudah kita persiapkan sebelumnya. Dan bagi kalian yang tinggal di perkotaan, cara paling cepat ialah dengan membeli bubur kacang hijau yang sudah jadi dari warung-warung yang menjual bubur kacang hijau dan ketan hitam.

Resep Es Potong Kacang Hijau Tradisional

Bahan lain yang kita pergunakan untuk menciptakan es potong kacang hijau ialah tepung hunkwee atau hun kwe. Biasanya, tepung ini dijual dalam bentuk kemasan kecil yang berupa silinder memanjang. Untuk resep kita kali ini, kita cukup menggunakannya sebanyak setengah bungkus alasannya fungsinya hanya sebagai 'filler' semoga tekstur es nantinya menjadi lebih lembut. Sebagai penambah cita rasa, kita dapat menambahkan susu debu atau dapat juga susu kental cantik yang dicampurkan pada gabungan sebelum dididihkan. Berikut bahan-bahan lengkapnya disertai dengan cara pembuatan.

Bahan Resep Es Potong Kacang Hijau

  1. 1/2 bks tepung hunkwee
  2. 50 gr kacang hijau
  3. 100 gr gula pasir
  4. 50 gr susu debu full cream
  5. 500 ml santan
  6. 2 lbr daun pandan, ikatkan
  7. 1/4 sdt garam
  8. air secukupnya
  9. plastik kemasan es

Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau Tradisional

  1. Rebus kacang hijau bersama dengan daun pandan sampai lunak dan butiran kacang hijau pecah. Masak sampai airnya menyusut. Angkat lalu dinginkan, sehabis itu blender sampai halus. Sisihkan. Jika kalian suka kacang hijau yang bertekstur, maka kacangnya tidak usah diblender.
  2. Campurkan santan, gula pasir, susu bubuk, garam dan tepung hunkwee lalu aduk merata. Masak sampai mendidih.
  3. Masukkan kacang hijau yang sudah diblender, masak beberapa saat. Angkat dan biarkan sampai dingin.
  4. Masukkan kedalam plastik kemasan es lalu taruh didalam freezer dan tunggu sampai membeku.
Sangat gampang bukan? Cara menciptakan es potong kacang hijau ini sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Persiapan paling usang cuma terletak pada pembuatan materi kacang hijau alasannya proses perebusannya cukup usang semoga menjadi lunak. Untuk lebih cepatnya kita membeli materi yang satu ini, atau dapat juga memakai minuman sari kacang hijau yang banyak beredar di pasaran. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep es potong kacang hijau sendiri di rumah? Selamat mencoba, salam !

Resep Lainnya Dibawah Ini Juga Menarik!

Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar
Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2