KODE IKLAN DFP 1 Inilah Perbedaan Baking Powder Dengan Baking Soda Atau Soda Kue | Jajan Di Pinggiran

Inilah Perbedaan Baking Powder Dengan Baking Soda Atau Soda Kue

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda - Untuk orang-orang yang bergelut di bidang masakan terutama para produsen makanan ringan elok dan pastry ibarat martabak, cake, cookies dll., baking soda dan baking powder mungkin sudah tak absurd lagi.

Kedua materi tersebut dipergunakan ketika hendak menciptakan adonan kue, kadang digunakan secara bersamaan dan kadang juga hanya digunakan salah satunya saja.

Baking soda dan baking powder sekilas memang hampir sama, dan memang kegunaannya juga memang sama, yaitu sebagai materi pengembang.

Jika anda gemar menyantap makanan ringan elok dan memperhatikan teksturnya, rongga-rongga yang terbentuk di dalam sebuah makanan ringan elok merupakan hasil kerja dari pengembang kue.
Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda Inilah Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda atau Soda Kue
gambar: wikipedia.org
Artikel Menarik : Analisis Usaha Tahu Crispy Modal Kecil-kecilan
Pengembang makanan ringan elok bersama-sama terdiri dari beberapa jenis, ada yang bekerja secara organik dan ada pula yang bekerja secara kimiawi.

Pengembang makanan ringan elok yang bekerja secara organik melibatkan mikroorganisme ibarat kapang, yang biasanya terdapat pada ragi.

Kapang tersebut mem-fermentasi materi makanan yang terdapat dalam adonan dan menghasilkan gas karbon dioksida atau CO2.

Namun, disini kita tidak akan membahas lebih lanjut ihwal ragi, melainkan pengembang yang bekerja secara kimiawi.

Walaupun hasil dari proses kerja pengembang itu sendiri ternyata sama yaitu karbon dioksida, prosesnya ternyata sama sekali berbeda.

Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda / Soda Kue

Pengembang makanan ringan elok yang berjenis kimiawi yaitu baking soda dan baking powder bersama-sama mempunyai materi dasar yang sama.

Bahan tersebut tak lain yakni Natrium Bikarbonat atau nama dagangnya Sodium Bikarbonat.

Lalu apa yang menjadi perbedaan diantara keduanya? sedangkan fungsinya hampir sama.

Berikut yakni penjelasannya:

Baking Soda

Baking soda atau yang sering disebut juga sebagai soda makanan ringan elok yakni sodium bikarbonat murni atau tidak mempunyai adonan bahan-bahan lain.

Soda makanan ringan elok yang tak lain yakni sodium bikarbonat akan bereaksi dengan asam dan membentuk gelembung-gelembung gas karbon dioksida di dalam adonan kue.
Salah Satu Merk Soda Kue / Baking Soda
Asam yang dimaksud disini yakni asam lemah yang terkandung dalam materi pembuat makanan ringan elok atau adonan ibarat susu, yoghurt, coklat dan mentega.

Reaksi yang terbentuk oleh bahan-bahan tersebut relatif cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Oleh alasannya yakni itu, adonan yang sudah diberi baking soda sesegera mungkin harus cepat diproses ke tahapan berikutnya yaitu dipanggang atau dikukus.

Jika tidak, pencampuran akan berakhir sia-sia dan makanan ringan elok tidak akan mengembang dengan sempurna.
Penggunaan baking soda biasanya dikhususkan untuk menciptakan makanan ringan elok dengan adonan yang bermacam-macam dan diantaranya mempunyai materi yang bersifat atau mengandung asam.

Pencampuran biasanya dilakukan sesaat sebelum adonan dioven atau dikukus.

Karena baking soda terbuat dari sodium bikarbonat murni, rasa yang diperoleh pada hasil selesai cukup signifikan yaitu cenderung pahit bila penggunaannya berlebihan.

Maka dari itu, dosis penggunaan harus sebisa mungkin diminimalisir dan tidak berlebihan.

Memang disini diharapkan pengalaman untuk menghasilkan makanan ringan elok yang mengembang tepat tetapi tidak meninggalkan rasa pahit dari baking soda.

Baking Powder

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baking powder terbuat dari materi yang sama dengan soda kue.

Bedanya, baking powder mempunyai sodium bikarbonat yang sudah tercampur dengan Sodium Asam Pirofosfat dan pengemulsi.

Disini terdapat Sodium Asam Pirofosfat yang bersifat asam lemah, sehingga walaupun adonan tidak mengandung materi yang bersifat asam, makanan ringan elok tetap mengembang dengan tepat bila mekanisme pembuatannya tepat.

Kelebihan dari baking powder yakni tidak menghasilkan rasa yang signifikan pada makanan ringan elok dikarenakan kadar sodium bikarbonat-nya lebih rendah dibandingkan dengan soda kue.

Baking powder terbagi menjadi dua jenis bila dibedakan berdasarkan proses kerjanya, single acting dan double acting.

1. Baking Powder Single Acting

Salah Satu Merk Baking Powder Single Acting
Bertindak ibarat soda kue, yaitu bereaksi segera sesudah terkena cairan ketika adonan dicampurkan.

Bedanya, soda makanan ringan elok memerlukan cairan dan materi yang mengandung asam untuk menghasilkan reaksi, sedangkan baking powder hanya memerlukan cairan saja untuk menghasilkan reaksi dikarenakan sudah terdapat asam yang terkandung didalamnya.

Adonan yang sudah diberi baking powder yang bersifat single acting harus segera dipanggang atau dikukus, lantaran gelembung-gelembung karbon dioksida yang dihasilkan dari reaksi akan cepat menghilang dari adonan.

2. Baking Powder Double Acting

Salah Satu Merk Baking Powder Double Acting
Jenis ini mengandung senyawa yang lebih kompleks.

Baking powder jenis ini bereaksi ketika ditambahkan pada adonan dan terkena cairan.

Namun, reaksi yang terbentuk tidak berlangsung usang dan hanya menghasilkan sedikit gelembung gas karbon dioksida.

Gas karbon dioksida justru terbentuk tepat ketika mencapai suhu tertentu atau ketika adonan dipanaskan.

Maka adonan yang memakai baking powder jenis ini tidak harus dipanggang atau dikukus dengan segera, sehingga cocok dipadukan dengan adonan yang memerlukan proses fermentasi terlebih dahulu.

Penggunaan

  • Baking soda atau soda makanan ringan elok digunakan untuk menciptakan adonan yang memakai materi yang mengandung asam ibarat telur, mentega, susu, yoghurt, coklat atau materi suplemen ibarat perisa buah-buahan. Penggunaanya sanggup digantikan dengan baking powder namun perlu melaksanakan uji coba terlebih dahulu terhadap dosis yang digunakan dikarenakan reaksi yang dihasilkan akan berbeda. Baking soda digunakan ketika adonan hendak dikukus atau dipanggang
  • Baking powder single acting digunakan untuk menciptakan adonan yang tidak memakai bahan-bahan yang mengandung asam ibarat pada pembuatan makanan ringan elok kering. Namun pada penggunaannya sama ibarat baking soda yaitu sesaat sebelum adonan dipanggang atau dikukus. Baking powder single acting sanggup digantikan oleh baking powder double acting atau baking soda yang ditambah dengan asam.
  • Baking powder double acting digunakan sama ibarat baking powder single acting. Hanya saja baking powder jenis ini biasa digunakan untuk adonan yang memerlukan proses fermentasi terlebih dahulu dan biasanya digunakan bersama dengan ragi instan.
Nah itu tadi sedikit pembahasan ihwal perbedaan baking soda dengan baking powder.

Jika anda orang yang hobi menciptakan makanan ringan elok atau seorang juru masak mungkin lebih tahu dan paham akan penggunaan masing masing materi tersebut.

Bagi yang masih belum tahu supaya goresan pena ini sanggup menambah wawasan dan memberi sedikit citra sehingga anda tidak galau untuk memakai jenis yang mana.

Silahkan di-share sekiranya goresan pena ini bermanfaat. Salam .
: Perbedaan Tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2